images

Asesmen CGPI

Keikutsertaan PT Pupuk Kaltim dalam Ajang CGPI telah dimulai sejak tahun 2018. Maka di tahun 2021 merupakan ketiga kalinya PT Pupuk Kaltim mengikuti CGPI ini. Sesuai arahan dari Pemegang Saham. Program CGPI menggunakan 3 (tiga) ruang lingkup penerapan GCG dalam perspektif keberlanjutan yang terdiri dari lingkup kepatuhan (compliance), lingkup kesesuaian (conformance) dan lingkup kinerja (performance).

Pelaksanaan asesmen CGPI dilakukan oleh lembaga independen, yaitu The Indonesian Institute of Corporate Governance (IICG)

Dalam pelaksanaan penilaian, CGPI menggunakan tema yang berbeda setiap tahun.

  • Untuk tahun 2018, tema yang diangkat "Penguatan Platform Bisnis Dalam Kerangka Good Corporate Governance"
  • Untuk tahun 2019, tema yang diangkat adalah “Membangun Keunggulan Bersaing dalam Kerangka GCG”. Tema tersebut diartikan dengan struktur dan sistem governansi korporat serta inisiatif membangun keunggulan bersaing berdasarkan prinsip governansi dalam rangka menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan guna mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Aspek dan indikator penilaian CGPI terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu; struktur governansi, proses governansi, dan hasil governansi. Penilaian CGPI dilaksanakan dengan tahapan analisis instrumen dan dokumen melalui kegiatan selfassessment, sistem terdokumentasi dengan sumber pemenuhan kelengkapan dokumen bukti implementasi dan pengisian data perusahaan, serta tahapan observasi. Bobot penilaian CGPI menggunakan metode ANP (Analytical Network Process) untuk mengukur tingkat kepentingan dan hubungan antar aspek, lingkup, dan fokus serta tahapan penilaian dalam metodologi CGPI. Sedangkan pemeringkatan CGPI menggunakan norma penilaian berdasarkan rentang nilai yang dicapai peserta dengan kategorisasi istilah Sangat Terpercaya Terpercaya, dan Cukup Terpercaya.
  • Untuk tahun 2020, tema yang diangkat adalah “Membangun Ketahanan Perusahaan Dalam Rangka Good Corporate Governance". Tema tersebut dapat diartikan dengan segala upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan inisiatif strategis membangun ketahanan Perusahaan dengan menggunakan seluruh Sumber Daya yang dimiliki Perusahaan dan berorientasipada penciptaan nilai tambah bagi pemangku kepentingan agar tetap mampu mewujudkan pertumbuhan Perusahaan yang berkelanjutan secara etikal dan bermatabat melalui penerapan prinsip-prinsip GCG.

Nilai yang diperoleh Pupuk Kaltim pada CGPI dari Tahun 2018-2021 adalah sebagai berikut :